Menikmati Pameran Seni di Bentara Budaya Jogja

Bentara Budaya Jogja

Bentara Budaya Jogja


Bermula dari kepedulian pimpinan harian Kompas, yaitu PK Ojong dan Jakob Oetama, terhadap kebudayaaan terutama bidang seni rupa, yaitu sekitar tahun 1970-an. Kompas banyak mengkoleksi lukisan, keramik, dan benda-benda antik lainnya yang kemudian benda-benda koleksi Kompas ini dikelola oleh GM Sudarta, karikaturis Kompas. Kemudian, untuk mewadahi benda-benda koleksi ini didirikan Gramedia Art Gallery tahun 1974 di Pintu Air, Jakarta. Gallery inilah yang sebenarnya menjadi cikal bakal Bentara Budaya kemudian hari.

Bentara Budaya Jogja

Bentara Budaya Jogja


Tahun 1982, toko buku Gramedia di Jl. Jendral Sudirman 56 Yogyakarta pindah tempat ke sebelahnya (No. 54). Bekas toko Gramedia ini kosong, dan direncanakan akan dijadikan toko roti . Namun, setelah pimpinan Kompas melihat ada ruang kosong di Yogya maka cita-cita lama untuk membuat sebuah lembaga kebudayaan akhirnya mendapatkan tempatnya. Akhirnya, bekas toko tersebut dijadikan Bentara Budaya, sebuah lembaga kebudayaan milik kelompok Kompas Gramedia.

Alamat Bentara Budaya Jogja:
Jl. Suroto no 2 Kel. Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta
Nomor Telepon:(0274) 560404
Koordinat/Lintang Bujur:-7.785926, 110.374835

Peta Lokasi Tempat Wisata Bentara Budaya Jogja

Tempat-tempat penting di sekitar Bentara Budaya Jogja

Klik ikon disebelah kanan peta untuk menampilkan tempat-tempat penting seperti :
Restaurant, Cafe, Bakery, Hotel, Guest House, Agen Tour & Travel, Bank, ATM, Car Rental, Toko, Penginapan di sekitar Bentara Budaya Jogja

(Visited 100 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *