Wisata Sejarah Benteng Vastenburg Fort di Solo

“Benteng Vastenburg angker” begitulah beberapa tahun yang lalu masyarakat Solo mengenal bangunan bersejarah ini. Setelah Sekian lama benteng ini tidak digunakan sehingga banyak terlihat lusuh dan banyak ditumbuhi lumut serta banyak kambing masyarakat diarea bangunan ini, sehingga kondisi Benteng kelihatan sangat memprihatinkan. Karena hal inilah juga pada tahun 2009 ada gerakan yang dinamakan Rakyat Solo “Membeli” Benteng Vastenburg Fort di Solo.

Benteng Vastenburg Fort di Solo merupakan bangunan peninggalan kolonial belanda yang dibangun pada tahun 1774 dan selesai tahun 1779 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Dengan luas area 40.000 m2 bangunan ini terletak di kawasan Gladak, Surakarta. Pada Zaman Kolonial Belanda Benteng Vastenburg digunakan sebagai garnisun atau tempat bagi korps pasukan Belanda yang berfungsi untuk mengawasi penguasa keraton Surakarta. Tercatat dalam sejarah telah terjadi dua kali renovasi pada masa penjajahan Belanda dan Inggris, yaitu pada tahun 1794 menjelang VOC dibubarkan dan 1832 saat belanda dapat merebut Indonesia kembali dari tangan Inggris. Pada tahun 80an tempat ini oleh Brigade Infanteri 6/Trisakti Baladaya Kostrad sempat dijadikan pusat pelatihan keprajuritan untuk wilayah Karesidenan Surakarta. Sempat ditutup pada awal tahun 1990 kemudian bangunan ini dibuka untuk umum kembali pada tahun 1998. Kemudian pada masa kepemimpinan Walikota Ir. H Joko Widodo di restorasi dengan melakukan pengecatan putih.

Berikut Denah Benteng Vastenburg Fort di Solo,

vredeurg-denah-i

Denah Benteng Vastenburg Fort di Solo

Misteri Benteng Vastenburg Solo memang menarik, selain untuk mengawasi penguasa Surakarta ternyata bangunan ini juga sempat dijadikan tempat Pasukan Kolonial Belanda untuk berpesta pora dan penyiksaan terhadap pribumi. Sejarah mencatat pada tahun 1947, terjadi pertempuran hebat antara rakyat yang dibantu TNI dengan pasukan Kolonial Belanda untuk merebut Benteng Vastenburg Fort di Solo. Banyak rakyat bahkan para wanita gugur dalam pertempuran ini. Maka Untuk mengenang jasa-jasa mereka dibangunlah Tugu Prasasti di halaman kantor Koperasi Darmawanita, disebelah selatan Benteng Vastenburg.

vastenburg

Benteng Vastenburg Fort di Solo

Lokasi Alamat Benteng Vastenburg Fort di Solo :
Jl. Jenderal Soedirman Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133
No. Telepon : (0271) 716501
Koordinat GPS : -7.572081, 110.831413

Jam Buka Benteng Vastenburg Fort di Solo : 24 Jam

Harga Tiket Tanda Masuk Benteng Vastenburg Fort di Solo :
Dewasa Rp. 2.000,- Anak-anak : Rp. 1.000,-

Peta Lokasi Menuju Tempat Wisata Benteng Vastenburg Fort di Solo

Daftar Lengkap Hotel Murah disekitar Benteng Vastenburg Fort

Tempat-tempat penting di sekitar Benteng Vastenburg Fort di Solo


Klik ikon disebelah kanan peta untuk menampilkan tempat-tempat penting seperti :
Restaurant, Cafe, Bakery, Hotel, Guest House, Agen Tour & Travel, Bank, ATM, Car Rental, Toko, Penginapan di sekitar Benteng Vastenburg Fort di Solo

(Visited 1,617 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *